google-site-verification=oqj-4msRBMASa-8mVbce0MWdKoFfqTwR83i1x7BtyFo CARA MERUBAH FLOPPY DISK MENJADI USB FLASHDISK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE UFLOPPYMANAGER V120

CARA MERUBAH FLOPPY DISK MENJADI USB FLASHDISK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE UFLOPPYMANAGER V120

Di antara kita mungkin sudah banyak yang menggunakan keyboard berformat USB (flashdisk) di dunia musik jaman sekarang ini. Tapi tak ketinggalan juga ada yang masih menggunakan keyboard berformat floppy Disk.
Dan bagi yang ingin tahu caranya, mungkin bisa sedikit saya jelaskan di sini. Semoga bisa sedikit membantu : Alat ini adalah alat yang nantinya di pasang pada keyboard anda sebagai pengganti floppy Disk yang ada pada keyboard anda. Tentunya setelah anda membeli alatnya.. hehe.....
Contoh gambarnya seperti ini :
 * Dimensi/ukuran sama persis dengan Floppy disk drive.
Alat ini bernama USB Emulator. Alat ini memiliki kelebihan yaitu :
* Lebih awet di banding dengan disk drive atau FDD
* Lebih efisien karena 1 flashdisk mampu menggantikan 100 disket
* Loading song atau style tidak sering error seperti loading pada disket
* Mudah pengoprasiannya.
* Lebih mudah mencari flashdisk di banding disket.

Ukurannya sama persis dengan disk drive, dan konektor terhubung dengan konektor floppy yang ada di keyboard, pemasangannya mudah karena tidak merubah bentuk fisik dari keyboardnya. floppy emulator ini juga di sertakan dengan software yang berfungsi untuk merubah 1 flashdisk menjadi 100 partisi disket.
Partisi hanya dapat dilakukan dengan bantuan komputer,tapi biasanya penjual juga menyediakan flashdisk yang sudah terpartisi sehingga pembeli mudah pengoprasianya.

Adapun untuk syarat-syarat penggunaanya adalah :
* Floppy Disk Drive yang akan diganti harus yang menggunakan socket 34 pins (standart komputer/PC)
Dan untuk cara kerjanya adalah :

* Di dalam flashdisk kita membuat 100 FOLDER berurutan dari nomor 00 s/d 99. isi maksimal dalam 1 folder adalah = 1,44Mb (sama dengan kapasitas 1 disket).
* Kita tekan memilih nomor folder yang akan di akses melalui 2 tombol UP & DOWN di emulator ini, lalu menekan tombol DISK (atau sejenisnya) di keyboard sebagaimana biasanya kita mengakses disket di keyboard.
* Flash disk yang bisa digunakan adalah flash disk yang umum di jual di pasaran.
* Kapasitas flashdisk yang dibutuhkan hanya = 100 x 1,44Mb = 144Mb. Jadi kita tidak perlu menggunakan flash disk berkapasitas besar.

Alat ini kompatible dengan beberapa keyboard berformat floppy disk, diantaranya :
1. yamaha : PSR630 ,psr640 ,psr730 ,psr740 ,psr1000 ,psr1100 ,psr2000 ,psr2100
2. korg : PA50 ,PA60 ,PA80 ,i30 ,is35
3. Technics : KN1400 ,KN3000 ,KN1600 ,KN2400 ,KN6000 ,KN6500 ,KN1500 ,KN930
4. Roland : G800 ,G1000 ,E86 ,E96 ,VA3 ,VA5 ,VA7 ,VA76

Untuk cara penginstalanya adalah sebagai berikut :
TAHAP 1 :
* Kita coba pastikan berapa besar kapasitas Flashdisk yang kita miliki.

TAHAP 2 :
* Buka Software yang sudah di sediakan pada paket USB Emulator yang bernama V123_SFD (Software ini bisa langsung di eksekusi tanpa harus terlebih dahulu meng instalnya) atau download disini
TAHAP 3 :
* Klik SFD_enhanced edition
* Pada kotak Select USB disk, klik pilihan flashdisk kita, jika flashdisk lebih dari satu maka, pada kotak tersebut akan menampilkan semua flashdisk, tapi jika kotak tersebut kosong berarti flashdisk nya belum dipasang, silahkan pasang flashdisk maka pada kotak tersebut akan langsung menampilkankan flashdisk kita
* Beri tanda checklist pada start(select)/close(unselect) multi-floppy service. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada kita berapa floppy block yang bisa kita buat dalam flashdisk kita.
* Walaupun flashdisk kita ukurannya besar, tapi yang akan dipakai Cuma 100 X 1,44 MB,
* Jadi dengan flashdisk yang 256 MB saja itu sudah cukup
* Sekali lagi, kalau flashdisk kita 256 MB keatas, pastikan floppy blocknya Cuma 100, tidak lebih, karena alat ini Cuma bisa hingga 100 block, mulai dari 00 – 99.
* Langsung klik make floppy block.
* Akan ada peringatan bahwa, flashdisk anda akan di format, dan data anda akan hilang, silahkan klik ok untuk melanjutkan.
 
 
Apabila pada select floppy telah seperti gambar diatas, itu berarti anda telah berhasil memformat flashdisk tadi menjadi seolah-olah 100 buah floppy dan namanyapun berubah menjadi FLPPY0 – FLLPP99.
Untuk memeriksanya apakah betul flashdisk tadi telah menjadi Floppy, silahkan buka Explore, dan kita lihat ternyata partisi (I:) tadi telah berubah nama menjadi FLPPY0, dan dilihat dari properties ternyata ukurannya telah menjadi ukuran Floppy disk (disket).

TAHAP 4 :
 Silahkan mencoba mengganti ganti select floppy pada software tersebut, maka nama pada select floppy juga akan menjadi nama yang sama pada Explore Sekarang semuanya telah selesai tinggal memasukkan data kepada tiap tiap floppy sesuai dengan kebutuhan, dan ingat bahwa, partisi ini dianggap sebagai floppy, maka kapasitas per tiap floppy tidak boleh lebih dari 1,44 MB atau lebih dari kapasitas yang tertulis pada properties.

Untuk pembelian, alat ini biasanya di jual di toko-toko music centre, atau bisa di pesan melalui toko music online yang bisa di cari di internet.
Oke, sekian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat..

Info download gratis songmidi/sty slengkapnya lihat & klik Disini

Post a Comment

3 Comments

  1. bagaimana caranya kalau menggunakan Windows 8, tks gan

    ReplyDelete
  2. mohon bantuannya kalau menggunakan windows 8

    ReplyDelete
  3. Saya butuh barang ini ( USB Emulator )
    Mohon infonya.....
    Trims

    ReplyDelete

Terimakasih sudah komentar dengan bijak..

NR-SOUVENIR tempatnya belanja souvenir murah tersedia beragam pernak-pernik antik & unik