google-site-verification=oqj-4msRBMASa-8mVbce0MWdKoFfqTwR83i1x7BtyFo Cara membersihkan karet tuts pada alat musik keyboard

Cara membersihkan karet tuts pada alat musik keyboard

Sekedar sharing saja
Tips cara membersihkan karet tuts alat musik keyboard terutama pada merk yamaha, korg dan roland.
Ciri-ciri jika karet tuts kotor adalah jika tuts di tekan harus kuat, suara tone tidak lagi seimbang atau kadang mati salah satu atau beberapa, kadang juga suara berubah tinggi atau rendah. jika anda sering menemui permasalahan ini kemungkinan besar di akibatkan karena karet tuts keyboard anda kotor oleh debu atau bisa juga karena terlalu lembab.
Cara sederhana membersihkan karet tuts keyboard cukup di bersihkan dengan air, berikut adalah langkah2 yang harus di lakukan :
1. Buka casing keyboard anda dan kemudian copot karet tuts keyboard anda semuanya, seperti pada gambar terlihat karet tuts di bagi per oktaf.

2. Bersihkan dengan kuas hingga debu yang kasar hilang, bersihkan juga casing keyboard anda untuk menghindari debu masuk kembali.
3. Setelah anda membersihkan dengan kuas perlu di lakukan lagi yaitu membersihkan lapisan carbon atau yang berwarna hitam bulan pada karet tuts.

4. Untuk membersihkan lapisan carbon gunakan kain lap yang halus dan bersih, basahi kain dengan air sedikit saja, kemudian lap bagian karbonnya secara perlahan, jangan terlalu keras karena lapisan karbon sangat tipis.
5. Pastikan lapisan karbon bersih dan berwarna hitam pekat, setelah itu jemur di terik matahari selama kurang lebih 1jam, jangan terlalu lama. jika tidak ada sinar matahari bisa di keringkan dengan hair dryer.
6. Kemudian pasang kembali dengan benar, atur penempatan karet tuts serapi mungkin dan jangan sampai tidak rata, jika penempatan kurang pas maka suara yang di hasilkan juga tidak normal.

Catatan penting :
- Jangan bersihkan lapisan karbon pada PCB dengan bahan kimia seperti alkohol dll, karena lapisan tersebut sangat tipis jika menggunakan bahan kimia akan cepat terkikis, dan untuk keyboard yang sudah berumur cukup tua cukup bersihkan dengan kain secara perlahan jangan menggunakan air. ( PCB tuts sangat mahal dan susah untuk mencari penggantiya sebaiknya berhati2, Berbeda dengan karet tuts yang masih banyak yang jual dan juga harganya murah )
- Cara ini hanya berlaku untuk keyboard roland, yamaha dan korg.
- Untuk keyboard casio jarang sekali di jumpai karet tuts yang kotor karena penempatan karet dan PCB pada keyboard casio sangat rapat sehingga mencegah debu yang masuk. jika anda mempunyai permasalahan tentang suara tuts pada keyboard casio kerusakan bukan di karenakan karet tuts yang kotor, itu karena resistor buffer nya perlu di ganti.

Kalau masih tetap tidak ada perubahan kemungkinan kerusakan ada pada IC Tuts seperti gambar dibawah :
 
Silahkan bawa aja langsung ke tempat service alat musik keyboard yang lebih tau permasalahan detailnya !!..

Post a Comment

0 Comments

NR-SOUVENIR tempatnya belanja souvenir murah tersedia beragam pernak-pernik antik & unik